Wednesday, July 09, 2008

Tukang pecel yth

Lagi-lagi... Flame War di milis.
Dari semua milis yang gue ikuti , milis FK yang paling ga pegang Netiket. Katanya milis para dokter tapi preferensi politik dan semua obrolan yang gak relevan lulus moderasi. Sedang di milis lainnya yang gue ikutan, sebelum join aja para member dikasi aturan yang jelas gimana etiket universal di milis, hemat bandwidht (orang lain) dan moderatornya tegas, yang melanggar aturan kena banned.
Makanya males deh gue urusan sama para dokter (yang arogan)... 
Sperti kata temen gue " Gak ada dokter yang baek, yang ada orang baek yang jadi dokter".

Sekarang soal kecenderungan politik gue:

Dari lahir gue tinggal di Indonesia, pake bahasa Indonesia, dan sama cintanya dengan Indonesia seperti mayoritas (or minoritas ?) orang disini, dan dibesarkan dengan cara pikir Nasionalis abis.
Tapi anehnya orang sini selalu berpikir, entah karena warna kulit yang beda, ada prejudice tertentu bahwa kaum minoritas tertentu (yang representatif dengan warna kulit gue) gak nasionalis, cenderung kapitalis dan eksklusif.

Whatever. . . I was raised not for being superior, toh gada seorang pun yang bisa memilih mau dilahirkan dengan warna kulit gimana, keluarga macam apa, dan kehidupan seperti apa. Tapi despite asal kita dari mana, kita bisa memilih untuk berpikir, bersikap dan berkata-kata secara benar, yang konsekuensi-nya kita tanggung sendiri.

Memang katanya bangsa ini punya prinsip Bhineka Tunggal Ika, tapi kalo liat UUD dan semua peraturan negara bisa ditelusuri bahwa semua ada sifat SARA-nya.
Mestinya Indonesia belajar dari Amerika Serikat, yang oleh mayoritas orang sini dibilang negeri kapitalis lah, tapi disana orang kulit hitam bisa jadi Presiden. Belum lagi soal tolong menolong, pas Badai Katrina (dan Badai-badai lainnya) mereka bisa bantu sesama warganya tanpa ada NGO dari luar. Rasa sosialis-nya tinggi. Dibanding waktu perisitwa Tsunami Aceh disini.
Udah yang nolong orang-orang NGO dari luar, eh... bantuannya banyak yang gak nyampe lagi ke warga Aceh.

Salah siapa ya kalo gitu ?

Lagi-lagi Pemerintah disalahkan, padahal kalo menurut gue sih salah mental bangsa ini....
Dari SD udah diajarin pola pikir menurut aja sama guru, trus SMP belajar beli soal untuk lulus, SMA juga bayar duit sumbangan untuk "beli bangku". Nah pas kuliah di Universitas negeri yang katanya bagus, gue juga merasakan 'praktek' jual beli soal Obgyn sebelum UTS/UAS. ( Hanya tentu aja gue gak termasuk yang ikutan).
Nilai bagus -saat itu- gak berarti segalanya buat gue dibanding Integritas.
Dokter kan gak ditanya IP sama pasien.

Di KOMPAS suka ada kolom tentang wiraswasta, ada tukang nasi pecel yang sukses banget hijrah ke ibukota.
Salut deh gue sama orang-orang kaya gitu, yang daya juangnya tinggi tapi pake cara halal.
Kalo tar gue punya anak, terserah deh mau jadi apa cita-citanya, jadi tukang pecel juga gapapa asal hatinya lurus dan bersih daripada jadi anggota DPR/MPR tapi dikejar-kejar KPK... *cape deh*











Gambar dan detail cerita dapat dilihat di images.kompas.com

5 comments:

Rizal Affif said...

Kalo kata nyokap gua, yang salah ya pemerintah, karena gara-gara pemerintah yang bobrok lah bangsa ini mentalnya jadi kayak gini.

Menurut gua? Setiap orang bertanggung jawab minimal untuk dirinya sendiri. Dan bangsa ini bertanggung jawab untuk dirinya sendiri.

Asa ga rela dianggap sama dengan orang-orang yang terbiasa KKN di segala bidang, mulai dari duit parkir sampe duit proyek tender pemerintah =p

MD said...

@rizal :

yup... it's true, start from yourself.
makanya sblom komentar pemerintah suka korup dst, mulai aja dari diri sendiri...
gak mencontek / kerjasama pas UTS/UAS :)
soalnya.... banyak tuh temen gue para dokter cuap2 soal anti KKN tapi sama aja mental gak jujur pas ujian
*hiks*

Adite said...

yah.. memang kaum minoritas pasti selalu tersudut... tapi dengan begitu daya fikir jadi lebih kreatif dong supaya tetap bertahan.

ngomongin sara ga bakal pernah abis.. palagi klo orangnya kolot2..

aniweii orang kulit hitam di amerika ga dengan mudah lho dalam meraih persamaan derajat di amerika.... mereka berjuang..

btw... emang bisa ya jual beli soal? wuih gimana juga caranya? geloooo.. beli langsung dari dosennya? wah rusak nih generasi dokter masa depan klo kaya gini.. pantes aja malpraktek makin marak.. yang kena getah ya kita2 yang ga bersalah ini deh (narsis deh loe dit)

MD said...

@ adite :

Yup, emang amrik melalui perjalanan panjang sejak konstitusi kemerdekaan mereka, tapi disana bagusnya demokrasi jalan ( itu butuh waktu ratusan tahun juga dan banyak perang jg sebelonnya )

Bedanya sama Indo, setelah merdeka dengan asas negara Pancasila, malah ada yg mo bikin Indo berasaskan syariat Islam... *hmmmh*
what do u think?

Kemajuan or kemunduran ?

Jual beli soal itu salahsatu contoh "malpraktek" di fakultas gue... contoh yg laen; bayar sumbangan yg gak jelas kemana dan dipake buat apa, dan bayar untuk ngurus admin utk kelulusan (yang smuanya qta juga gatau knapa mesti bayar)

*hiks*

Adite said...

wah klo da yang mo bikin indo negara berdasarkan sariat islam sih eike juga ga teu yaa... meraka ga belajar PPKN kali

hahahha ternyata di mana2 sama aja ya... yang namanya duit bayaran tuh ga jelas