Friday, July 04, 2008

Agum... jangan jadi anarkis ya :)

On an evening me and my mom took some after lunch snack at Pizza Hut (keren banget untuk snack aja mesti ke Pizut :)
di depan pintu masuk Pizut ada anak kecil yang lagi jongkok, dia jualan koran, sebelah matanya kelihatan putih kaya orang katarak (mungkin dari lahirnya atau karena infeksi ? gak tau deh) poko pas kita masuk pintu Pizut dia cuman ngeliat kita aja -gak nawarin korannya, apalagi minta sedekah.
Tapi... sungguh deh dari situ ada rasa gimanaaa gitu, pengen nolong rasanya, trus sambil pesen makanan disana, gue ngerasa gimana gitu ya.
It's like, me sitting here with all the food, and he was there, mungkin ngerasain Pizza Hut aja blom pernah kali ya.
Memang kalo menikmati makanan enak dikit kadang gue ngerasa bersalah, rasanya koq bisa kita menghabiskan duit beberapa puluh ribu untuk satu kali makan aja, sementara orang lain (masih di belahan bumi Indonesia) ada yang kesusahan cari makan.

Lalu dari kejadian itu, I gave him my phone number, trus gue bilangin kalo butuh apa-apa, semisal untuk keperluan sekolah dia bisa nelfon gue.
Namanya Agum.
And it was months ago.

Kadang dari penghasilan gue, sebagian (kecil) suka disisihkan untuk investasi -sebagian besar... *mmmhhh...* tau kan untuk kebutuhan cewe, yang kalo dipikir lagi, sebenernya gak butuh-butuh amat. 
Dari sebagian kecil dana yang disisihkan untuk investasi itu, akhirnya gue kasih juga ke ibunya Agum, karena menurut gue sih mereka lebih perlu ya, seperti contohnya sore ini. 
Untuk keperluan Agum daftar ulang SMP. Kalo gue sih gada uang pun masih bisa minta ke ortu.
( Bahkan laptop gue pun masih pake cicilan kartu kredit bokap *hikhik* ) 
Tapi buat mereka duit beberapa puluh ribu pasti kerasaaaa banget nolongnya.
Entahlan, rasanya besarnya duit itu jadi sangat relatif.

Seratus ribu kalo beli paketan putaw bisa dapet 1 gram, bisa abis begitu ajah, manfaatnya juga relatif, beberapa bilang enak dan worthed.
Seratus ribu tuh harga baju atau sepatu atau tas ( kadang harga segitu udah termasuk diskon 50% or even 70% ) tapi orang ngerasa wajar aja ngabisin uang sejumlah itu untuk barang.
Tapi untuk Agum dan keluarga, yang kakaknya lulus SMA tapi gak bisa kerja karena ijazahnya ditahan pihak sekolahan, ayahnya gak kerja lagi karena komplikasi otak gara-gara Demam berdarah, ibunya kerja serabutan sambil jaga 3 orang adiknya, hmmmh... mungkin sperti kisah sinetron, tapi ini kisah nyata dari Bandung ( bukan belahan bumi lain yang tak dikenal ).

Makanya suka kepikiran, koq bisa ya ada oknum di pemerintahan yang mengkorupsi anggaran untuk orang miskin. 
Hak untuk orang miskin aja masih dikorupsi. Dimana hati nurani-nya coba ? 
Kalo semisal gak punya hati nurani juga, masa gak malu udah ketahuan, diadili dan dinyatakan bersalah, eehhhh minta naik banding juga.
( baca Kompas buat yang baru tau ada yang kaya gini di Indo )

Cape sih kalo ngurusin hal kaya gini. Tapi gue sangat optimis dengan adanya KPK di jaman sekarang, Te O Pe untuk KPK. Juga untuk media massa yang meng-ekspos tentang koruptor. Inilah enaknya jaman SBY. *hahahahaha*
Biarpun BBM naik, tabung gas langka, tapi masih mending daripada mesti ikutan P4 yang gada guna.... ngabisin duit rakyat, dengan hasil korupsi masi ada masuk Top5 sedunia.

Anyway busway, ada hal-hal yang gue rindukan dari jaman "bapak" itu memerintah, yaitu prinsip KB " dua anak cukup " dulu sih cukup tersosialisasi.
Sayangnya, prinsip KB tersebut gak diterapkan di keluarga "bapak" (mantan Presiden RI kita itu) anak-anaknya banyak juga ternyata.
Lalu selain banyak (anaknya) , juga banyak hartanya 
( wondering... hasil KKN kah ? )
*hihihihihi* Ini juga asiknya jaman sekarang, boleh protes, tulis blog, tapi nyawa aman - gak terancam kaya dahulu kala.
Asiknya juga ( jaman skarang) protes bisa dilakukan dengan cara yang lebih "smart" ..... makanya gue heran, koq masi ada mahasiswa ( jaman sekarang ) yang protes atau demo pake bakar-bakaran, mahasiswa koq anarkis.
Dimana letak ke"maha"an-nya ?
Mending lulusan SD tapi bisa jaga hati dan jaga kelakuan deh.


mahasiswa koq anarkis? NO WAY!

Gambar diambil dari images.kompas.com

4 comments:

Adite said...

terharu gue bacanya....
masih ada ya orang baek kaya loe hiks hiks hiks (lebai mode ON)

MD said...

*Waduh*
gue cuman melakukan yang sbenernya tiap orang bisa melakukan koq
(cuman masalah mau apa engga, that's all :)

thanx for visit ya adite
^_^

Rizal Affif said...

Wah masih lho... ternyata gerakan mahasiswa yang anarkis itu jadi sorotan banyak pihak. Dan keluhannya sama: di mana letak ke-"maha"-annya? Ga pernah invent cara baru, dalihnya selalu bahwa dulu dengan cara sama mereka sukses tahun '66 dan tahun '98.

Cermin kebobrokan pendidikan negeri ini lah. Pendidikan tinggi aja ga bisa mengajarkan kreatifitas, bisanya menjadikan kaum intelektual beo =O

Yah... not me lah =D

MD said...

@rizal :

Klo gue baca tulisan Soe Hok Gie, gue setuju dengan opini dia bahwa kaum intelektual harus bisa menyuarakan dengan cara yang intelek juga. Contohnya dia fokal dengan nulis di media pada masanya.

Klo pake demo palagi bakar2an mobil mah....
*palagi dengan isu pemanasan global sperti skarang* duh...

Apa bedanya mahasiswa sama preman terminal klo gitu???????