Friday, March 29, 2013

Livin' Jakarta (to nasionalisme)

ini salahsatu weekend dimana gw gak balik ke Bandung.

aneh juga, pas awal-awal memang gw berasa keberatan untuk pindah ke Jakarta demi kerjaan.
walaupun sebelumnya gw sering bolak balik ke kota metropolitan ini, tapi pindah kerjaan sifatnya lebih permanen. jadi gw merasa seluruh kehidupan juga akan berpindah ke kota ini.

ternyata, beberapa bulan kemudian gw merasa ini bukan keputusan yang terlalu jelek juga.
apartement tempat gw tinggal sekarang, not so bad at all. walaupun gak terlalu besar, tapi cukup nyaman dan letaknya di lantai 11- dimana tiap sore bisa liat pemandangan sunset.
lokasinya in walking distance sama kantor, supaya gak stress menempuh perjalanan selama weekdays.

daaannnn yang paling penting: ada kolam renang plus tempat nge-gym.
itu penting buat gw, supaya gak bosen kalo lagi pengen olahraga tinggal ngacir aja ke lantai 2.

faktor laen yang mendukung kebetahan gw adalah, kehadiran teman-teman.

iya waktu di surabaya yang sempet bikin gw jenuh, salahsatunya adalah kurangnya temen untuk curhat. apalagi waktu itu kerjaan gw suka bikin stres, tempat kos juga bikin stres (bener kata orangtua, punya anak abege emang bikin stres).

sedang di Jakarta, kebetulan ada temen deket gw yang emang udah kerja duluan disini.
karena gw emang deket sama dia sejak jaman dahulu kala, jadi kalo ada bisnis trip singkat pun biasanya disempetin ketemuan.
sekarang apalagi, gw bisa ngintil-ngintil dia kalo nyari temen jalan.
walaupun secara lama waktu tinggal, pastinya dia udah punya banyak temen-temen baru disini.

selaen dia ada banyak juga temen jalan (itu kalo pas wiken gw gak balik ke Bdg)- temen yang dulu pernah ngetrip bareng, temen bekas kantor yang lama, temennya temen di Bdg dllst.
pokonya wiken di Jkt dan wiken di Bdg mungkin ampir sama sibuknya.

sekarang pun gw stay di Jkt for the weekend, karena besok ada acara kantor.
which is a pity karena sebenernya kalo engga it's gonna be a long weekend in Bdg.
tapi dipikir-pikir ya gapapa juga, soalnya Bdg tuh sekarang jadi tempat tujuan wisata- so 99% bakal macet selama musim libur. akibatnya para penduduk Bdg sendiri gak menikmati masa berlibur gara-gara kotanya di-invasi oleh para pendatang.
pokoknya gw jadi sebel stres dan marah-marah kalo lagi wiken keluar untuk jalan dan banyak plat dari luar kota bikin macet (dan nyampah!) di Bdg.

anyway, Jakarta juga menyimpan daya tariknya sendiri.
walaupun Bdg tentunya buat gw merupakan kota kelahiran dan tempat tinggal terlama, tapi lama kelamaan gw bisa menerima kalau toh Jkt memang mempunyai pesona sehingga menarik pendatang.
contohnya, eheeemmmmm mal-mal yang dibangun: ini gak kalah mewah dan menawan seperti mal di singapur atau kualalumpur (eh baru sadar kalo kedua kota ini diikuti dengan 'pur'. untung jakarta engga jadi jakapur juga. engga keren deh pastinya).

daya tarik lainnya disamping pusat perbelanjaan adalah sistem transport busway.
walaupun udah dari sejak tahun 2007 sistem transportasi massal ini diluncurkan, masih aja gw terkagum-kagum dan sedikit bangga. seengga-engganya kita masih punya ginian, biarpun belum ada MRT kaya di singapur atau Skytrain seperti di Bangkok.

gak kebayang kan kalo Jakarta samasekali gak punya transportasi massal macetnya bakal kaya apa.
udah ada busway pun masih macet. dan nunggu busway itu bisa luarbiasa lama sampe bikin pegel kaki+ putus asa.
karena itulah kalo udah menyerah gw tetep pake taksi.

tapi sejujurnya, kalo ada pilihan pake busway atau metromini biasanya gw selalu pilih busway.
walaupun jaraknya deket dan bisa aja pake metromini/ angkot.
ini berhubungan dengan prinsip gw berkontribusi dan mendukung program transportasi massal yang dikelola oleh pemerintah versus swasta.

sama seperti kota metro (atau bahkan mega) politan laennya di seluruh dunia, Jakarta juga punya permasalahan kronis e.g. kepadatan penduduk yang irrasional, kurang air bersih, melebarnya kesenjangan yang kaya dengan yang miskin.

hal terakhir adalah yang menurut gw sangat ironis.
ini mengingatkan gw akan sebuah pertanyaan dari seorang temen yang pernah gw undang untuk maen ke Indonesia.
dia jawab pertanyaan gw dengan pertanyaan; 'apakah disana orang masih buang air di tanah atau udah pake toilet?'

awalnya gw sempet kesel karena dia pikir Indonesia macam negara miskin di Afrika bagian selatan kali yah. lalu gw jelaskan kalo di ibukota Jakarta, dia bisa cari brand terkenal merk apa aja pasti ada.
tapi pertanyaan dia sebenernya relevan sekali.

baru-baru ini WHO merilis data terbaru bahwa masih sekitar 80 juta penduduk Indonesia tidak punya jamban pribadi.
ini emang perkiraan kasar, dan entah penilaiannya berdasarkan apa.
tapi gak usah melihat jauh-jauh ke nusa tenggara timur atau papua sono.
balik lagi ke Jakarta, yang merupakan kota terkaya (katanya) toh masih banyak orang tidak punya jamban untuk sarana buang air.

beberapa minggu yang lalu gw janjian sama temen baik untuk makan sore di sebuah mall di Jakarta selatan. disitu dijual merk-merk kelas internasional e.g. sepasang sepatu harga belasan juta atau sebuah tas harga 20 juta dst.
sorenya gw balik ke apartemen dan melihat keluar dari lantai 11, ke arah perkampungan kumuh- dimana pemiliknya mungkin berpenghasilan 10,000 rupiah per hari.

lebarnya kesenjangan antara si kaya dan miskin ini yang bikin atau berpotensi untuk jadi konflik sosial juga.
dimana saat para buruh berjuang minta kenaikan upah minimum regional agar bisa hidup layak, ada si kaya yang mengeluarkan 17 juta rupiah untuk sebuah tas.

ketidakadilan yang kasat mata seperti ini kadang bikin hati gw menjerit dan menangis.
sebagai anak bangsa, gw merasa ini seharusnya tidak boleh terjadi di sebuah negara dengan asas Pancasila yang salahsatunya mengatakan: 'Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.'

terus terang, saat ini, saat menuliskan tulisan ini pun, gw menangis dengan air mata beneran.
entah karena merasa melankolis karena jiwa romantisme gw yang terusik saat salahsatu sila dalam Pancasila jelas-jelas dilanggar dalam prakteknya, atau entah karena merasa- walaupun gw terlahir disini dengan 100% darah Indonesia- tapi secara jiwa merasa sangat merasa terasing juga.

di Jakarta, adalah tempat untuk mencari contoh paling buruk dari pelanggaran Pancasila, ataupun dasar-dasar negara.

sekedar mengingatkan, buat yang lupa seperti apa bunyinya butir-butir dalam Pancasila,
silahkan menyontek dari link di bawah ini (butir-butir mengalami revisi pada tahun 2003, hayo pada tau gak????)

http://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila

No comments: