Monday, February 07, 2011

Danes are not the friendliest people in the world !

Ampir 1 bulan tinggal di Kopenhagen, akhirnya bisa mengeluarkan statement official kalo:

'Danes are not the friendliest people in the world'

alias dingin=tidak ramah, apalagi sama orang yang tampangnya bukan Scandinavia
(a.ka tampang Asia macem gw)
hari ini antrian gw diserobot.... *huh!*

Ada 3 orang Denmark yang ada di kelas research design, dan obviously mereka samasekali gak welcome sama orang baru.
Masi jauh lebih mending orang Belanda deh...

Tapi gw mengalami pengalaman indah juga sama orang Denmark, waktu hari pertama gw nyampe Kopen - settingannya gini: karena waktu itu gw tiba pake flight dari Jerman di Lufthavnen, bawa koper gede yang mesti digeret-geret diatas salju, dan waktu itu jam 9 malem.
Jangan dibayangin jam 9 malem tuh rame kaya di depan PvJ tapi asli sepi ...
dasar penduduk sini juga cuman beberapa ratus ribu, jadi gak selalu ada orang lalu lalang di jalan. Trus, akhirnya gw masuk ke kios kecil (untuk nanya orang dimana telp umum+ alamat host gw) udik sih emang, hape gw pada saat itu rusak gak bisa dipake nelp.
Disitu yang bantuin gw bapak2 udah tua tampang gelandangan+bau alkohol.... serem pertamanya tapi takjub juga ni orang baek banget, gw dianterin sampe keliatan ada telpon umum lalu dikasitau gimana nyari alamat tsb.

Pengalaman kedua adalah hari kedua gw di Kopen.
Lagi-lagi disorientasi tempat (=kesasar) pas nyari course coordinator di Uni, mana hape gak bisa nelp dia/dia gak bisa ngehubungi gw.
Pas nanya ibu2 dimana nyari telp umum, dia dengan friendly-nya bilang:
'Pake aja telp gw nih kalo mau'
Takjub lagi deh.... gak nyangka... ini termasuk kejadian langka juga di Jerman rasanya.

Walopun begitu, ada 2 orang Danish yang termasuk kategori out of ordinary -yang gw kenal.
Tapi mereka gak 100 % total keturunan Danish, yang satu 50% campuran Amerika Selatan, yang satu 50% campuran Spanyol.
Dan mereka sendiri mengakui kalo 'Danes people are just cold'
( Tuh kan, kata gw juga apa ... )




No comments: